Minggu, 11 November 2012

MADING-KESEHATAN


KOLESTEROL
Pengertian kolesterol atau yang disebut juga dengan lemak tak jenuh merupakan substansi seperti lilin yang warnanya putih,kolesterol secara alami sudah ada dalam tubuh kita. Hati adalah yang memproduksi kolesterol, kolestrol berfungsi untuk membangun dinding sel dan juga untuk membuat hormon-hormon tertentu.
Sebenarnya tubuh manusia sudah bisa menghasilkan kolesterol sendiri namun karena mengonsumsi makan-makanan yang mengandung lemak sehingga menyebabkan seseorang kadar lemak dalam tubuhnya sangat berlebihan.
Penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol yang berlebihan dalam darah. Hal itu disebabkan oleh kolesterol yang berlebih akan membentuk bekuan dan plak jantung yang akan menyumbat arteri dan akhirnya memutuskan aliran darah ke jantung yang akan menyebabkan serangan jantung dan ke otak akan menyebabkan stroke.
Jika seseorang pernah mengalami serangan jantung atau pembedahan bagpass kadar kolesterolnya harus diperiksa secara rutin.Dengan menjaga kolesterol agar tetap wajar merupakan jaminan terbaik untuk kadar kolestrol terhindar dari penyumbatan pembuluh darah arteri.
Kadar kolesterol dibagi menjadi 2 yaitu :
1.      Kolesterol HDL (High-Density-Lipopretin) HDL adalah kolesterol baik karena mempunyai kemampuan untuk membersihkan pembuluh darah arteri.
2.      Kolesterol LDL (Low-Density-Lipopretin) LDL adalah kolesterol jahat yang membuat endapan dan menyumbat pembuluh pembuluh dari arteri.
Kadar kolesterol HDL diatas 60 berarti sangat baik. Makin tinggi kadar kolesterol HDL makin rendah resiko untuk mendapat serangan jantung / stroke. Kadar kolesterol LDL yang baik adalah lebih rendah dari 130 dan semakin rendah semakin baik. Untuk melakukan pemeriksaan kadar kolesterol paling baik dilakukan setelah berpuasa selama 12 jam.Seperti halnya kolesterol trigliseride merupakan sejenis lemak yang ditemukan didalam makanan seperti daging, keju, ikan dan kacang-kacangan dan juga dibuat sendiri oleh tubuh.

Oleh : Duwi Saputra R / VIIIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar